Attitude Dalam Dunia Kerja
Assalamualaikum Wr. Wb
Hallo teman-teman semua👋
Ketemu lagi nih dengan saya Putri Dian Elfira di artikel hari ini. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT yaa. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Attitude dalam dunia kerja.
Attitude adalah perilaku, sikap atau keadaan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain yang disertai dengan persamaan agar dapat bertindak sesuai dengan perilaku tersebut.
Dalam dunia kerja attitude atau perilaku, sikap dan tutur bahasa merupakan sebuah hal utama yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sudah selayaknya setiap orang harus memiliki attitude yang baik dan bahasa yang sopan, apalagi jika kita sudah terjun ke dunia kerja yang mengandalkan attitude dan dituntut untuk menggunakan tutur bahasa yang baik tentunya.
Sikap atau attitude yang baik sangat diperlukan dimanapun kita berada, termasuk di dunia kerja. Jangan pernah meremehkan attitude di dunia kerja, karena hal tersebut juga membawa citra sebuah tempat kerja. Image atau citra sebuah tempat kerja dapat tercermin dari attitude loh.
Alasan mengapa attitude sangat penting dalam dunia kerja:
1. Memiliki peluang kerja lebih
Sikap atau attitude yang baik sangat diperlukan dimanapun kita berada, termasuk di dunia kerja. Jangan pernah meremehkan attitude di dunia kerja, karena hal tersebut juga membawa citra sebuah tempat kerja.
2. Disukai banyak orang
Tak dipungkiri jika seseorang yang memiliki attitude yang baik akan disukai oleh banyak orang. Tak terkecuali disukai oleh atasan dan rekan-rekan ditempat kerja. Orang-orang pasti akan merasa senang dan nyaman jika sikap kita baik ditempat kerja.
3. Lebih mudah belajar hal baru
Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika pada dasarnya kita sudah memiliki attitude yang baik. Salah satunya adalah lebih memudahkan kita dalam mempelajari hal baru, termasuk mempelajari keahlian atau skill baru. Belajar skill baru akan terasa lebih mudah jika kita memang memiliki attitude untuk mempelajari hal-hak baru. Selain itu, belajar hal-hal baru akan menambah skill baru, juga merupakan salah satu nilai tambah bagi kita dalam dunia kerja.
4. Mendapat rekomendasi positif
Tidak pernah ada ruginya menjadi orang baik dan memiliki sikap yang baik. Kesan yang baik pun akan tetap menempel pada diri kita meskipun nantinya memutuskan untuk pindah kerja atau resign. Berkat attitude yang baik, kita bisa mendapatkan rekomendasi positif dari atasan saat pindah kerja.
5. Membentuk profesionalitas diri
Ada kalanya saat bekerja kita dihadapkan dengan tantangan dan tugas yang bisa membuat kita merasa lelah atau burnout. Namun, dengan attitude dunia kerja seperti rasa tanggung jawab akan memaksa diri kita untuk terus berjuang bagaimanapun keadaannya. Sikap kerja attitude yang baik membantu kita untuk membentuk profesionalitas diri. Attitude dunia kerja seperti tidak gampang menyerah dan berusaha mencari solusi dari setiap masalah dengan baik, bisa membuat kita bekerja secara profesional.
6. Menjadi sosok yang dapat diandalkan
Dalam dunia kerja kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan baru, namun juga menjaga attitude dunia kerja di lingkungan atau saat bekerja. Jika kita emiliki sikap kerja attitude profesional, maka kemungkinan besar kita bisa menjadi sosok yang diandalkan. Skill yang kita asah setiap harinya tidak akan berarti tanpa attitude dunia kerja profesional, rendah hati, dan bertanggung jawab. Ketika kita menjaga semua sikap kerja attitude tersebut, management tentu akan melirik kita sebagai sosok yang dapat diandalkan.
7. Membantu mengembangkan karir
Satu lagi alasan pentingnya memiliki attitude dunia kerja, yaitu untuk membantu pengembangan karir kita selama bekerja. Tentu kita ingin karir yang cemerlang dan sesuai dengan passion kita. Maka dari kita harus memiliki sikap kerja attitude yang baik dan tidak sombong. Jika kita bekerja dengan hati, memiliki attitude dunia kerja yang baik, hingga bersaing secara hebat, maka kita bisa mendapatkan pengembangan karir yang kita inginkan.
- Sopan dan ramah
- Konsisten
- Bertanggung jawab
- Menjaga hubungan dengan rekan kerja
- Rendah hati tapi tetap assertive
- Menghargai waktu
- Berkomunikasi dengan baik
- Optimis
- Menerima kritik
- Menyepelekan waktu
- Menunda pekerjaan
- Tidak belajar dari kesalahan
- Sering mengeluh
- Membawa masalah pribadi kedalam pekerjaan
- Memanfaatkan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi
- Menolak pekerjaan
- Melakukan kesalahan yang sama berkali-kali
- Tidak mau menerima kritik
- Melebih-lebihkan kesalahan rekan kerja dalam tim
Komentar
Posting Komentar